UKM-GALLERY & PAVILIUM PROVINSI (Gd. SME TOWER Jl. Gatot Subroto Kav 94 Jakarta).... Dapatkan Discount 50% All item produk Tas Devushka, berlaku 02 Januari s/d 31 Januari 2012 di Ukm-Gallery 2nd Floor. Dapatkan Discount 30%Khusus untuk produk pilihan Anais Bag di Ukm-Gallery 2nd Floor Promo mulai tanggal 27 Desember s/d 15 Januari 2012.... Discount 20% All Item Batik Ariyani berlaku dari tanggal 15 Desember s/d 15 Januari 2012 di Ukm Gallery Ground Floor.... Discount 20% untuk setiap pembelian Onie Craft di Ukm-Gallery Ground Floor dan Pavilium Provinsi Dki-Jakarta Lt.12.... Discount 25% khusus product piring besar Ukm Herwana di Ukm Gallery 2nd Floor.... Discount All Item 5% Untuk setiap pembelian produk Ukm CIE Bordir Provinsi Jawa Barat, di Pavilium Provinsi Jawa Barat 3rd Floor.... Discount 30% Khusus produk Ukm BEBOTZ di Ukm Gallery 2nd Floor.

Selasa, 16 Agustus 2011

SBY Kenakan Batik Kriya Canting Sari

Foto  Bpk. Susilo Bambang Yudhono tampak mengenakan
seragam Batik Kriya Canting Sari
Kriya Canting Sari adalah suatu UKM yang bergerak khusus pada batik yang bermotifkan daerah Sulawesi Selatan. Tujuan kami selain menjual karya kami adalah memperkenalkan keindahan motif Sulawesi Selatan, terutama ukiran daerah Tana Toraja yang jumlahnya ratusan dan mempunyai makna yang dalam mengenai kehidupan manusia. Motif - motif ini yang kami tuangkan dalam karya batik untuk menambah khasanah keindahan batik Indonesia. Kami memulai usaha ini pd akhir 2008, dan memulai proses membatiknya pada pertengahan tahun 2009 setelah banyak referensi kami dapatkan mengenai motif Sulawesi Selatan. Rasa penasaran yang memicu kami untuk mengembangkan usaha ini ; begitu banyak motif, kenapa tidak dijadikan motif batik khas daerah Sul-Sel? Dan setelah dicoba,dipadupadankan diatas selembar kain,ternyata hasilnya memuaskan.

Produk Kriya Canting Sari yang merupakan unggulan kami adalah batik tulis yang dibuat diatas kain sutera ATBM KCS yang biasa disebut sutera tenunan Baron. Khusus untuk tenunan ini kami menetapkan standar tersendiri mengenai kerapatan & kualitas benang yang dipakai agar pada saat pewarnaan batik tidak menimbulkan kesan belang pada kain. Paduan motif yang kami buat diatas kain ini hanya satu untuk tiap kain (tidak mempunyai kembaran padanan motif dengan kain lain yg kami buat). Produk lainnya terbuat dari kain katun primissima,dobi,dan viskos dengan proses batik cap.

Mengenai motif batik, banyak dari produk kami mengambil motif dari ukiran Tana Toraja. Mengapa Tana Toraja? Karena Tana Toraja sudah terkenal di mancanegara dengan keunikan prosesi upacara adatnya, beserta keindahan ratusan ukirannya yg mengandung banyak makna. Ukiran Toraja disimbolkan dengan ukiran tumbuhan,binatang dan benda langit, dimana bentuk ukiran ini mempunyai makna spesifik yang berhubungan erat dengan falsafah hidup orang Toraja sejak dahulu hingga saat ini. Dari ratusan makna, kami melihat disetiap makna ukiran tersebut, sebagian besar mempunyai makna "mendoakan agar rumpun keluarga atau keturunan senantiasa bersatu, hidup damai dan sejahtera."

Batik Kriya Canting Sari juga sudah pernah dipakai oleh kepala negara RI Susilo Bambang Yudhoyono(SBY). Yaitu pada saat pameran bulan september 2010, beliau membeli salah satu produk sarimbit Kriya Canting Sari, dan dipakai pada bulan January 2011 dalam rangka acara natal di Jakarta. Jika anda ingin memakai produk batik serupa yang dikenakan Bapak Presiden RI, atau ingin melihat-lihat produk pilihan Batik Kriya Canting Sari  lainnya , datang saja langsung ke Ukm-Gallery  Gd. SME TOWER Jl. Gatot Subroto Kav 94 Jakarta.   (aj)
                                                                                                                                                                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host