UKM-GALLERY & PAVILIUM PROVINSI (Gd. SME TOWER Jl. Gatot Subroto Kav 94 Jakarta).... Dapatkan Discount 50% All item produk Tas Devushka, berlaku 02 Januari s/d 31 Januari 2012 di Ukm-Gallery 2nd Floor. Dapatkan Discount 30%Khusus untuk produk pilihan Anais Bag di Ukm-Gallery 2nd Floor Promo mulai tanggal 27 Desember s/d 15 Januari 2012.... Discount 20% All Item Batik Ariyani berlaku dari tanggal 15 Desember s/d 15 Januari 2012 di Ukm Gallery Ground Floor.... Discount 20% untuk setiap pembelian Onie Craft di Ukm-Gallery Ground Floor dan Pavilium Provinsi Dki-Jakarta Lt.12.... Discount 25% khusus product piring besar Ukm Herwana di Ukm Gallery 2nd Floor.... Discount All Item 5% Untuk setiap pembelian produk Ukm CIE Bordir Provinsi Jawa Barat, di Pavilium Provinsi Jawa Barat 3rd Floor.... Discount 30% Khusus produk Ukm BEBOTZ di Ukm Gallery 2nd Floor.

Kamis, 28 Juli 2011

RUNA PALAR JEWELRY

Runa Palar mulai mendesign jewelry pada tahun 1968, beliau merupakan pemilik sekaligus perancang jewelry untuk Runa Palar. Museum Runa Jewelry mencerminkan dan menunjukkan bahwa perjalanan Runa Jewelry selalu diekspresikan dengan ide-ide yang segar disetiap kreasinya. Koleksinya menunjukkan kekuatan artistic yang diciptakan melalui pemahaman yang mendalam, sehingga menghasilkan proses produksi yang berkualitas tinggi.
Material yang digunakan berasal dari emas dan juga perak dengan kualitas terbaik, selain itu batu-batuan maupun mutiara yang dipergunakan dalam hiasan jewelry tersebut berasal dari daerah-daerah yang ada di Indonesia, seperti Jawa, Bali, dan Sumatera. Dan secara tradisional dibentuk untuk mewakili ciri khas jewelry dari seluruh Indonesia. Keunggulannya terdapat pada originalitas dan konsep artistic yang kuat, sesuai dengan tradisi daerah-daerah di Indonesia.

Rabu, 27 Juli 2011

9 Langkah memulai usaha sendiri


source : kebunku@yahogroups.com 

1. START WITH A DREAM
Mulailah dengan sebuah mimpi. Semua bermula dari sebuah mimpi dan yakinkan akan produk yang akan kita tawarkan.A dream is where it all started: Pemimpilah yang selalu menciptakan dan membuat sebuah terobosan dalam produk, Cara pelayanan, jasa, ataupun idea yang dapat dijual dengan sukses. Mereka tidak mengenal batas dan keterikatan, tak mengenal kata ‘tidak bisa’ataupun tidak mungkin’.
2. LOVE THE PRODUCTS OR SERVICES
Cintailah Produk anda. Kecintaan akan produk kita akan memberikan sebuah keyakinan pada pelanggan kita dan membuat kerja keras terasa ringan. Membuat kita mampu melewati masa masa sulit. Enthusiatism and Persistence: Antusiasme dan keuletan sebagai pertanda cinta dan keyakinan akan menjadi tulang punggung keberhasilan sebuah usaha yang baru.
3. LEARN THE BASICS OF BUSINESS.
Pelajarilah fundamental business. BEYOND THE *BUY LOW, SELL HIGH, PAY LATE, COLLECT EARLY*: Tidak akan ada sukses tanpa ada sebuah pengetahuaan dasar untuk business yang baik, belajar sambil bekerja, turut kerja dahulu selama1-2 tahun untuk dapat mempelajari dasar – dasar usaha akan membantu kita untuk maju dengan lebih baik. Carilah –Guru- yang baik.
4. WILLING TO TAKE CALCULATED RISKS.
Ambillah resiko. The Gaint that u will be able to achiave is directly propoltional to the risk taken: Berani mengambil resiko yang diperhitungkan merupakan kunci awal dalam dunia usaha, karena hasil yang akan dicapai akan proporsional terhadap resiko yang akan diambil. Sebuah resiko yang diperhitungkan dengan baik akan lebih banyak memberikan kemungkinan berhasil. Inilah faktor penentu yang membedakan -entreprenneur- dengan –manager-. Entrepreneur akan lebih dibutuhkan pada tahap –awal- pengembangan perusahaan, dan –manager- dibutuhkan akan mengatur perusahaan yang telah maju.
5. SEEK ADVICE, BUT FOLLOW YOUR BELIEF.
Carilah nasehat dari pakarnya, tapi ikuti kata – kata kita. Consult Consultants, ask the experts, but follow your hearts. Entrepreneur selalu mencari nasehat dari berbagai pihak tapi keputusan akhir selalu ada ditangannya dan dapat diputuskan dengan indera ke enam-nya. Komunikasi yang baik dan kepiawaian menjual. Pada fase awal sebuah usaha, kepiawaian menjual merupakan kunci suksesnya. Dan kemampuan untuk memahami dan menguasai hubungan dengan pelanggan akan membantu mengembangkan usaha pada fase itu.
6. WORK HARD, 7 DAY A WEEK, 18 HOURS A DAY
Kerja keras, ethos kerja keras sering dianggap sebagai mimpi kuno dan seharusnya diganti, tapi hard-work and smart-work tidaklah dapat dipisahkan lagi sekarang. Hampir semua successful start-up butuh workaholics. Entrepreneur sejati tidak pernah lepas dari kerjanya, pada saat tidurpun otaknya bekerja dan berpikir akan bussinessnya. Me-lamun-kan dan memimpikan kerjanya.
7. MAKE FRIENDS AS MUCH AS POSSIBLE
Bertemanlah sebanyak banyaknya. Pada harga dan kwalitas yang sama orang membeli dari temannya, pada harga yang sedikit mahal, orang akan tetap membeli dari teman. Teman akan membantu mengembangkan usaha kita, memberi nasehat, membantu menolong pada masa sulit.
8. DEAL WITH FAILURES
Hadapi kegagalan. Kegagalan merupakan sebuah vitamin untuk menguatkan dan mempertajam intuisi dan kemampuan kita berwirausaha, selama kegagalan itu tidak –mematikan-. Setiap usaha selalu akan mempunyai resiko kegagalan dan bila mana itu sampai terjadi, bersiaplah dan hadapilah!.
9. JUST DO IT, NOW! Lakukanlah sekarang juga. Bila anda telah siap, lakukanlah sekarang juga. Manager selalu melakukan : READY-AIM-SHOOT,tetapi entrepreneur sejati akan melakukan READY-SHOOT-AIM!. Putuskan dan kerjakan sekarang, karena besok bukanlah milik kita.

Minggu, 24 Juli 2011

Berburu Aksesoris Kawat di Smesco IWJC 2011

Jum'at, 22 Juli 2011 - 18:16 wib
KREATIVITAS menciptakan karya. Kini, karya baru nan unik hadir dalam bentuk wire jewelry atau aksesori berbahan kawat.

Wire jewelry merupakan perhiasan yang menggunakan kawat. Para pengrajin alias wire worker membalut beads maupun bebatuan umumnya batu druzy dan butiran kristal Swarovski yang dibalut dengan soft wire, half hard wire, maupun hard wire.

Jika tertarik untuk berburu wire jewelry, sekaranglah saatnya. Indonesia Wire Jewelry Community (IWJC) dan Smesco menyelenggarakan pameran wire jewelry terbesar bertajuk "Smesco IWJC Wire Jewelry Festival 2011" mulai hari ini hingga 31 Juli 2011. Sebanyak 1300 wire jewelry dari 26 wire worker akan dipamerkan, mulai dari anting, cincin, kalung, bros, dan gelang ditawarkan mulai dari harga Rp20 ribu.

"Harga yang ditawarkan, berdasarkan tingkat kesulitan dan lama pengerjaan. Masing-masing wire worker dapat membuat kreasi berdasarkan kreativitas mereka sendiri, sehingga tidak akan ada yang sama. Bahkan, konsumen dapat memesan custom made wire jewelry seperti keinginan mereka," kata Lucita Rembeth, Wire Jewelry Designer ketika ditemui di Gedung Smesco, Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (22/7/2011).

Ditambahkan Lusita, kawat yang digunakan pada aksesori bukanlah kawat biasa melainkan kawat yang diimpor langsung dari Amerika. Bagi Anda yang ingin membuat sendiri, pameran mengadakan workshop wire jewelry yang terlaksana setiap hari selama pameran berlangsung.

"Jika tertarik membuat sendiri, pengunjung dapat mengikuti workshop wire jewelry yang berlangsung selama pameran. Untuk harga, berkisar antara Rp200 ribu hingga Rp550 ribu, tergantung tingkat kesulitan," imbuhnya.

Pameran Smesco IWJC Wire Jewelry Festival 2011 dibuka pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.
(ftr)

Rekor (MURI) Pembuatan kalung terpanjang (Foto : Aj)

PERBEDAAN BATIK TULIS CAP DAN PRINTING

Sepintas memang sulit untuk membedakan mana yanga dimaksud dengan batik tulis, batik cap, dan batik printing. Bagi kita orang awam yang tidak mengetahui betul mengenai batik tentu sangat sulit untuk membedakannya. Untuk itu kita harus mengetahui dulu darimana dan apa sih batik itu.
Batik (atau kata Batik) berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “nitik”. Kata batik sendiri merujuk pada teknik pembuatan corak – menggunakan canting atau cap – dan pencelupan kain dengan menggunakan bahan perintang warna corak “malam” (wax) yang diaplikasikan di atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna. Dalam bahasa Inggris teknik ini dikenal dengan istilah wax-resist dyeing.
Jadi kain batik adalah kain yang memiliki ragam hias atau corak yang dibuat dengan canting dan cap dengan menggunakan malam sebagai bahan perintang warna. Teknik ini hanya bisa diterapkan di atas bahan yang terbuat dari serat alami seperti katun, sutra, wol dan tidak bisa diterapkan di atas kain dengan serat buatan (polyester). Kain yang pembuatan corak dan pewarnaannya tidak menggunakan teknik ini dikenal dengan kain bercorak batik – biasanya dibuat dalam skala industri dengan teknik cetak (print) – bukan kain batik.
Lalu apa perbedaan antara Batik tulis Batik cap dan Batik printing? Apakah ketiga nya bisa digolongkan dalam kategori BATIK, Berikut penjelasan mengenai Batik tulis Batik cap dan Batik printing.
Batik Tulis :
Antara ornamen yang satu dengan ornamen lainnya agak berbeda walaupun bentuknya sama. Bentuk isi relatif rapat, rapih, dan tidak kaku. Semua proses dikerjakan secara manual, satu per satu, dengan canting, lilin malam, kain, dan pewarna.
Batik Tulis merupakan kategori Batik yang harganya lumayan mahal. Proses pembuatannya bermula dari kain putih bersih sampai menjadi selembar kain batik berwarna, yang itu membutuhkan proses kerja selama 3 bulan ( paling cepat ). Semakin banyak warna pada kain, semakin halus motif kain, semakin lama proses pengerjaannya dan semangkin mahal harganya.
Batik Cap :
Antara ornamen yang satu dengan ornamen lainnya pasti sama, namun bentuk isi tidak rapi, agak renggang dan agak kaku. Apabila isen-isen agak rapat maka akan terjadi mbeleber (goresan yang satu dan yang lainnya menyatu, sehingga kelihatan kasar).
Biasanya menggunakan alat cap atau stempel yang telah terpola batik. Stempel tersebut diceupkan ke dalam lilin panas, kemudian ditekan atau dicapkan pada kain. Proses ini memakan waktu yang lebih cepat dibanding pada proses batik tulis, karena pada batik tulis pola tersebut harus dilukis titik demi titik dengan canting, sedangkan pada batik cap dengan sekali tekan anda dapat menyelesaikannya.
Dibanding Batik Tulis, Kategori Batik cap ini lebih murah harganya. Proses pengerjaannya pun tidak serumit batik tulis. Pengerjaannya menggunakan lempengan – lempengan cap batik yang terbuat dari kuningan. Dalam sebulan seorang pembatik dapat menghasilkan kurang lebih 100 lembar kain batik. Dan biasanya batik cap ini dikerjakan oleh kaum bapak – bapak. Range harga batiknya sekitar Rp. 30.000,- s/d Rp. 100.000,-
Batik Printing :
Ornamen bisa sama, bisa tidak, karena tergantung desain batik yang akan ditirarena batik printing biasanya meniru batik yang sudah ada, namun yang perlu diketahui tentang warna. Warna batik printing kebanyakan tidak tembus karena proses pewarnaannya satu muka saja. Batik Print sebenarnya tidak ada bedanya dengan kain textile biasa, karena pengerjaan biasanya menggunakan proses sablon ( seperti kita membuat sablonan spanduk, dll ) atau menggunakan mesin pembuat textile yang sudah computerized. Motif kain serumit apapun dapat dibuat dan warna kain dapat dibuat berwarna warni dalam 1 waktu proses pengerjaan.
Biasanya batik print ini dikerjakan olah kaum yang lebih muda. Kapasitas produksi kain ini dalam 1 bulan dapat menghasilkan beratus ratus meter kain. Dan harganya pun dapat ditekan semurah mungkin, biasanya kain ini dijual per meter / per lembar seperti kain batik biasa nya. Range harga per lembarnya sekitar Rp. 17.000 s/d Rp. 35.000,-
Nah setelah anda mengetahui Kategori Batik dan juga Perbedaan antara proses pembuatan batiknya. kira kira anda memilih yang mana? Batik Tulis kah? Cap atau batik print?



PERESMIAN EKSPOSE PRODUK KUKM UNGGULAN DAERAH 33 PROPINSI DI GEDUNG SME TOWER



Jakarta-Smesco UKM
Menteri Koperasi dan UKM, Syarief Hasan resmi membuka Ekspos Produk Unggulan KUKM daerah melalui Display Permanen, 14 Desember 2010 lalu di Gedung Sme Tower. Ekspansi bisnis ini merupakan komitmen Kementerian Koperasi dan UKM untuk memperluas akses pasar produk KUKM, diharapkan dengan dibangungnya konsep one-stop shoping, dapat meningkatnya pertumbuhan penjualan produk KUKM. Tahap Pertama realisasi program 7 Propinsi meliputi : 1. Sumatera Utara, 2. Sumatera Selatan, 3. Banten, 4. Jawa Barat, 5. Jawa Tengah, 6. Jawa Timur & 7. NTT. Menempati lantai 3.
Seperti dalam pidato kenegaraanya, Syarief Hasan memaparkan, “ Keberadaan LLP-KUKM sebagai Badan Layanan Umum yang berada dibawah Kementerian Koperasi dan UKM RI, merupakan salah satu bukti dari komitmen Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM RI untuk meningkatkan akses pasar produk KUKM. Melalui LLP-KUKM diharapkan dapat dilaksanakan berbagai program operasional yang lebih fokus dan mengarah bagi perkuatan KUKM dibidang pemasaran. ”
Integrasi akses pasar bagi UMKM direalisasikan dengan membentuk display permanen produk unggulan UMKM di gedung LLP-KUKM. Tujuan utama display permanen ini untuk memperluas jendela pasar, mendekatkan supply dan demand dalam satu wadah serta mempermudah akses informasi yang diperlukan dalam suatu transaksi bisnis. Display permanen produk unggulan provinsi juga akan memberikan gambaran menyeluruh mengenai peta produk unggulan suatu daerah, kapasitas usaha dan kemampuan UMKM dalam menghadapi persaingan global. (AS)

WISATA BELANJA DI UKM GALLERY & PROPINSI

Pusat promosi KUKM, Ukm-Gallery-Provinsi, Gd SME TOWER Jl. Gatot Subroto Kav 94 Jakarta 
Jakarta sebagai barometer kota di Indonesia, saat ini memiliki destinasi wisata belanja baru yang menawarkan produk-produk unggulan kreatif UKM seluruh wilayah Indonesia yaitu Gallery UKM di Gedung Sme Tower, Jakarta Selatan.
“Saya berharap kehadiran UKM Gallery dapat menambah tujuan wisata belanja di Jakarta,” kata Menteri Negara Koperasi dan UKM, Suryadharma Ali, di Jakarta, Jumat, setelah meresmikan UKM Gallery.
Ia meminta secara khusus kepada para pelaku industri wisata termasuk pemandu wisata, biro travel, dan hotel untuk menjadikan UKM Gallery sebagai referensi kunjungan wisata yang mereka tawarkan kepada wisatawan.
Apalagi, UKM Gallery dinilainya merupakan tujuan wisata belanja yang sangat ideal untuk dikunjungi karena menawarkan produk unggulan UKM seluruh nusantara yang beragam dan unik.
“Produk yang ditampilkan di sini adalah produk unggulan yang telah diseleksi secara ketat dari seluruh Indonesia,” katanya.
Produk-produk yang ditawarkan merupakan hasil karya terbaik dari ribuan perajin UKM dan industri kreatif yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
“Jadi produk-produk di UKM Gallery merupakan benchmark dan diharapkan mampu menggerakkan produk unggulan daerah,” katanya.
UKM Gallery yang beralamat di Gedung Smesco Indonesia Jl. Gatot Subroto Kav 94 Jakarta Selatan memamerkan beragam produk pilihan UKM Nusantara yang terdapat di Lt 1,2,3, 12 dan 15.
Lantai pertama dan kedua memajang beragam kerajinan pilihan dari berbagai daerah seperti batik tulis, kain songket, tenun, jewelry & asesoris, kerajinan dari kulit, perak, handicraft, patung dan lain-lain. Sementara di lantai 3,12 dan 15 pafilium propinsi menampilkan menampilkan berbagai macam produk pilihan dari tiap daerah di seluruh indonesia, di antaranya; Lt 3 di isi oleh pavilium propinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera utara, Banten, NTT dan Sumatera Selatan. Di lt 12 di isi oleh pavilium propinsi Dki Jakarta, Bangka belitung, Riau, Sumatera barat, Sulawesi utara, Maluku dan Kalimantan selatan. Di lt 15 di isi oleh pavilium propinsi Sulawesi selatan, Sulawesi tenggara, Papua, Kalimantan tengah, Bengkulu, Sulawesi tengah, Gorontalo dan Jambi.
Mantan Menteri Negara Koperasi dan UKM, Suryadharma Ali juga berpendapat bahwa dengan menjadikan UKM Gallery sebagai tujuan wisata sama artinya mengoptimalkan peran pasar dalam negeri.
Selain itu dengan berbelanja di UKM Gallery sama artinya dengan turut melestarikan warisan budaya nusantara sekaligus membantu perajin KUKM untuk lebih mengembangkan potensinya termasuk sebagai bentuk dukungan mencintai produk dalam negeri.(*a)

Peresmian Ekspose Produk KUKM Unggulan Daerah 33 Propinsi Di Gedung SME TOWER

MENKOP Resmikan Display Ekspose Produk KUKM Unggulan Daerah 33 Propinsi Di Gedung SME TOWER

Jakarta-Smesco UKM
Menteri Koperasi dan UKM, Syarief Hasan resmi membuka Ekspos Produk Unggulan KUKM daerah melalui Display Permanen, 14 Desember 2010 lalu di Gedung Smesco UKM. Ekspansi bisnis ini merupakan komitmen Kementerian Koperasi dan UKM untuk memperluas akses pasar produk KUKM, diharapkan dengan dibangungnya konsep one-stop shoping, dapat meningkatnya pertumbuhan penjualan produk KUKM. Tahap Pertama realisasi program 7 Propinsi meliputi : 1. Sumatera Utara, 2. Sumatera Selatan, 3. Banten, 4. Jawa Barat, 5. Jawa Tengah, 6. Jawa Timur & 7. NTT. Menempati lantai 3.
Seperti dalam pidato kenegaraanya, Syarief Hasan memaparkan, “ Keberadaan LLP-KUKM sebagai Badan Layanan Umum yang berada dibawah Kementerian Koperasi dan UKM RI, merupakan salah satu bukti dari komitmen Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM RI untuk meningkatkan akses pasar produk KUKM. Melalui LLP-KUKM diharapkan dapat dilaksanakan berbagai program operasional yang lebih fokus dan mengarah bagi perkuatan KUKM dibidang pemasaran. ”
Integrasi akses pasar bagi UMKM direalisasikan dengan membentuk display permanen produk unggulan UMKM di gedung LLP-KUKM. Tujuan utama display permanen ini untuk memperluas jendela pasar, mendekatkan supply dan demand dalam satu wadah serta mempermudah akses informasi yang diperlukan dalam suatu transaksi bisnis. Display permanen produk unggulan provinsi juga akan memberikan gambaran menyeluruh mengenai peta produk unggulan suatu daerah, kapasitas usaha dan kemampuan UMKM dalam menghadapi persaingan global. (AS)


Gudang Batik di Pekalongan Ludes Terbakar

Metrotvnews.com, Pekalongan: Sebuah gudang penyimpanan batik dan dua rumah warga di Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (16/7) malam, ludes dilalap api. Diduga kebakaran terjadi akibat hubungan pendek arus listrik (korsleting), yang kemudian menyambar tabung gas elpiji 3 kilogram hingga meledak.

Gudang penyimpanan batik siap kirim dan dua rumah warga yang terbakar itu berada di Kecamatan Pekalongan Selatan, Jawa Tengah. Api dengan cepat menyambar dua rumah di dekatnya, karena gudang berisi bahan tekstil yang mudah terbakar.

Angin kencang mempercepat meluasnya kobaran api. Dua unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan tidak mampu mengatasi amukan si jago merah. Warga berupaya keras memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya. Warga merobohkan atap rumah lainnya agar kebakaran tidak meluas. Tak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.(RIZ)

Rabu, 20 Juli 2011

BATIK KATURA

Katura, lahir di cirebon 56 tahun silam, tepatnya pada tanggal 15 Desember 1952, adalah sosok seorang pengusaha industri kecil yang sederhana, periang, ramah dan bersahaja kepada setiap orang yang berkomunikasi dengannya. Katura lahir dan di besarkan dilingkungan pembatik, ayah dan ibunya adalah pengrajin batik di desa Trusmi Kecamatan Pleret Kabupaten Cirebon. Keahlian Katura dalam membatik telah di mulai pada usia 11 tahun.

Pada usia 22 tahun tepatnya pada tahun 1974, Katura sudah membuka usaha sendiri dibantu oleh 5 orang tenaga kerja, dan usaha tersebut terus berkembang sampai saat ini dengan memiliki karyawan sebanyak 30 orang. Selain itu Katura telah menghasilkan beberapa design motif batik yang telah di produksi dan di pasarkan oleh para pengusaha batik Kabupaten Cirebon. Secara garis besar motif batik Cirebon yang berkembang dapat dikelompokan menjadi dua kategori, yaitu motif keraton dan motif pesisiran.
Ada beberapa batik kelasik yang berhasil di lestarikan oleh Katura yaitu motif batik “Mega Mendung”. Motif batik mega mendung ini termasukbatik kelasik yang sudah hampir punahdan berhasil di angkat kembali oleh Katura pada tahun 1990-an melalui berbagai upaya dan penambahan ornamen-ornamen baru dengan tidak menghilangkan motif aslinya, seperti penambahan gambar flora, fauna dan lain-lain.
Untuk anda yang berada di sekitar Bogor, Tangerang, Bekasi dan Depok, tidak usah bingung dan khawatir mencari koleksi batik Katura, anda bisa mengunjungi Ukm Gallery Groun floor di Gd. SME TOWER Jl. Gatot Subroto Kav 94 Jakarta.

Sabtu, 16 Juli 2011

BATIK ARDIYANTO

Ardiyanto Batik didirikan pada bulan April 1972 di Yogyakarta, oleh Dra. Ribka Lusinawati, sebagai Direktur Umum dan Ardiyanto Pranata, sebagai Desainer Batik. Pada tahun 1981 Ardiyanto Batik mulai berproduksi.
Jenis-jenis produk yang dihasilkan oleh Ardiyanto Batik terdiri dari :
Kain Batik : Batik Tulis dan Batik Cap.
Fashion dan Accessories : Syall dan Kantong Kosmetik.
House Hold : Sarung Bantal dan Taplak Meja.
Bahan-bahan atau material yang digunakan dalam proses pembuatannya adalah bahan sutera dan katun pilihan yang memiliki kualitas terbaik. Sedangkan dalam proses pembuatannya, waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu produk saja bisa mencapai antara 1 hingga 8 bulan. Dan hal ini bisa menjadi ciri khas Ardiyanto Batik dalam hal pewarnaan dan design yang berbeda dengan produk batik lainnya. Selain itu, yang perlu diketahui oleh Customer untuk perawatannya adalah cara pencucian batik yang lebih baik dengan menggunakan Dry Clean. Penasaran ingin berburu batik Ardiyanto dan produk-produk pilihan lainnya, segera kunjungi gerai batik Ardiyanto di UKM GALLERY - PROVINSI Gd. SME TOWER Jln Gatoto Subroto Kav 94 Jakarta.

BATIK PEKALONGAN HARNI De ART

Temukan aneka ragam produk batik unggulan Harni De Art seperti bahan batik, hem, blouse, dress, syall, sarung selendang, hem batik children dll. Hanya di Ukm Gallery Ground Floor Gd SME TOWER Jl. Gatot Subroto Kav 94 Jakarta.

Rabu, 13 Juli 2011

Batik D'duwur

Batik TANDA MATA

Batik TANDAMATA, pesona batik indonesia dengan kombinasi motif batik solo, jogya, tasik, dan pekalongan, di buat khusus dengan sentuhan design Etnic dan Modern. Menyediakan beberapa produk unggulan seperti Bahan batik, Hem, Dress, Blouse dan perlengkapan lain seperti tas, sandal, boneka batik dll. Harga mulai 50s/d700rb. Hanya di Ukm – Gallery Ground Floor, Gd SME TOWER Jl. Gatot Subroto Kav 94 Jakarta.

Senin, 11 Juli 2011

SMESCO UKM Fesyen & Aksesoris Expo 2011

Kunjungi SMESCO UKM Fesyen & Aksesoris Expo 2011 dan dapatkan produk-produk unggulan busana urban muslim serta aksesorisnya asli buatan Indonesia dengan harga yang kompetitif.
Dimeriahkan oleh:
  • Pameran dan Gelar Produk
  • Display Produk Unggulan (Tematik)
  • Gelar produk & fashion show busana muslim kreasi desainer terkemuka: Ida Royani, Iva Lativa, Itang Yunaz, Amy Atmanto, Tuty Cholid, Stephanus Hammy, Ratih Sanggarwati, Ayu Purhadi, Denny Wirawan, Carmanita, Ari Saputra
  • Demo produk Tenun, Batik dan lain-lain
  • Demo memakai kerudung cantik
  • Talkshow SMESCOPRENEURSHIP
  • Workshop "Memayet & memasang Mote Cantik" oleh desainer Amy Atmanto
  • Klinik Bisnis dan Pembiayaan
  • Hiburan, Quiz & Door Prize

Kamis, 07 Juli 2011

PRINSIP KOPERASI 

Prinsip-prinsip koperasi menurut UU No 25 tahun 1992 dan yang berlaku saat ini di Indonesia adalah sebagai berikut

 Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka
Prinsip ini mengandung pengertian bahwa , seseorang tidak boleh dipaksa untuk menjadi anggota koperasi, namun harus berdasarkan atas kesadaran sendiri. Setiap oang akan menjadi anggota harus menyadari bahwa, koperasi akan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan social ekonominya. Terdapat dua makna “sifat sukarela” dalam keanggotaan koperasi yaitu:
1. Keanggotaan koperasi tidak boleh dipaksa oleh siapapun juga, dan
2. Seorang anggota dapat mengundurkan diri dari koperasinya sesuai dengan syarat dan ditentukan dalam AD/ART Koperasi

 Pengelolaan dilakukan secara demokratis
Prinsip pengelolaan koperasi secara demokratis didasarkan pada kesamaan hak suara bagi seriap anggota koperasi dilaksanakan pada saat rapat anggota. Para pengelola koperasi berasal dari para anggota koperasi itu sendiri. Pada saat rapat anggota, setiap anggota yang hadir mempunyai hak suara yang sama dalam pemilihan pengurus dan pengawas. Setiap anggota mempunyai hak yang sama untuk memilih dan dipilih menjadi pengelola

 Pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota
Dalam koperasi , keuntungan yangdiperoleh disebut dengn Sisa Hasil Usaha (SHU) . SHU adalah selisih antara pendapatan yang diperoleh dengan biaya-biaya yang dikeluarkan dalam pengelolaan usaha. Pendapatan koperasi diperoleh dari pelayanan anggota dan masyarakat.
Setiap anggota memberikan partisipasi aktif dalam usaha koperasi akan mendapat bagian Sisa Hasil Usaha yang lebih besar dari pda anggota pasif. Anggota yang menggunakan jasa koperasi akan membayar nilai jasa tersebut terhadap koperasi, dan nilai jasa yang diperoleh dari anggota tersebut akan diperhitungkan pada saat pembagian sisa hasil usaha. Transaksi antara anggota dan koperasi inilah yang dimaksud dengan jasa usaha.

 Pemberian baas jasa yang terbatas terhadap modal
Anggota adalah pemilik koperasi, sekaligus sebagai pemodal dan pelanggan. Simpanan yang disetorkan oleh anggota kepada koperasi akan digunakan koperasi untuk melayani anggota, termasuk dirinya sendiri. Modal koperasi pada dasarnya digunakan untuk melayani anggota dan masyarakat sekitarnya. Dari pelayanan itu diharapkan bahwa koperasi mendapatkan nilai lebih dari selisih antara biaya pelayanan dan pendapatan. Karena itu balas jasa terhadap modal diberikan kepada anggota atau sebaliknya juga terbatas., tidak didasarkan semata-mata atas besarnya modal yang diberikan. Yang dimaksud dengan terbatas adalah pemberian balas jasa modal yang ditanamkan pada koperasi akan disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki koperasi

 Kemandirian
Kemandirian pada koperasi dimaksudkan bahwa koperasi harus mampu berdiri sendiri dalam hal pengambilan keputusan usaha dan organisasi. Dalam kemandirian terkandung pula pengertian kebebasan yang bertanggungjawab, otonomi, swadaya, dan keberanian mempertanggungjawabkan segala tindakan dan perbuatan sendiri dalam pengelolaan usaha dan organisasi. Agar kopersi dapat mandiri, peran serta anggota sebagi pemilikdan pengguna jasa sangat menentukan

 Pendidikan koperasi
Keberhasilan koperasi sangat erat hubungannya dengan partisipasi aktif setiap anggotanya. Seorang anggota akan mau berpartisipasi, bila yang bersangkutan mengetahui tujuan organisasi tersebut, manfaatnya terhadap dirinya, dan cara organisasi itu dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu, keputusan seseorang untuk masuk menjadi anggota haruslah didasarkan akan pengetahuan yang memadai tentang manfaat berkoperasi. Agar anggota koperasi berkualitas baik, berkemampuan tinggi, dan berwawasan luas maka pendidikan adalah mutlak. Penddiikan perkoperasian merupakan bagian yangtidak terpisahkan (menjadi sangat penting) dalam mewujudkan kehidupan berkoperasi., agar sesuai dengan jati dirinya. Melalui pendidikan para anggota dipersiapkan dan dibentuk menjadi anggota yang memahami serta meghayati nilai-nilai dan prinsip-prinsip serta praktik-praktik koperasi.

 Kerjasama antar koperasi
Koperasi-koperasi yang ada mempunyai bidang usaha yang sama, dan ada pula yang berbeda pada tingkatan yang berbeda. Pada masing-masing usaha tersebut disadari bahwa kemampuan koperasi bervariasi, namun disadari bahwa koperasi-koperasi tersebut pada dasarnya mengemban misi yang sama, yakni memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Untuk mencapai tujuan yang sama tersebut, masing-masing koperasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Kerja sama dimaksudkan untuk saling memanfaatkan kelebihan dan menghilangkan kelemahan masing-masing, sehingga hasil akhir dapat dicapai secara optimal. Kerjasama diharapkan akan saling menunjang pendayagunaan sumberdaya sehingga diperoleh hasil yang lebih optimal

Selasa, 05 Juli 2011

MENTERI KOPERASI DAN UKM RI RESMIKAN PAVILIUM PROPINSI JAWA TIMUR DI GEDUNG SMESCO UKM JAKARTA


Terobosan Jawa Timur dalam Menembus Pasar Regional, Nasional dan Internasional


Jakarta, 14 Desember 2010 menjadi hari yang bersejarah bagi pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) di seluruh Indonesia. Pada hari tersebut Menteri Negara Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Sjarifudin Hasan membuka Program Ekspose Produk KUKM unggulan daerah dan meresmikan Paviliun Produk UKM dari 7 Provinsi (Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan NTT) di Gedung SME TOWER Jakarta. Pagelaran akbar tersebut dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas Koperasi dan UKM dari Provinsi dan Kabupaten/ Kota di Indonesia.
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur Drs. Braman Setyo, Msi mengatakan Gedung SMESCO UKM Jakarta ini merupakan gedung pusat promosi UKM yang memamerkan dan menjual produk-produk unggulan dari seluruh Indonesia. Hal ini semakin menjadi sangat penting karena Jakarta sebagai ibukota negara merupakan pusat bisnis nasional dan internasional, peluang bagi buyer dalam dan luar negeri menjadi sangat terbuka. "Upaya pendirian Paviliun Jawa Timur di Gedung SME TOWER (SMESCO UKM ) Jakarta ini merupakan langkah strategis dan merupakan terobosan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam menembus pasar regional, nasional, dan internasional," kata Braman Setyo.
Paviliun Jawa Timur seluas 600 m2 menempati lantai 3 Gedung SME TOWER (SMESCO UKM) Jakarta Jalan Gatot Subroto Kav 94. Upaya promosi melalui Paviliun Jawa Timur terasa semakin optimal dan lengkap karena paviliun-paviliun dari 38 kabupaten/kota se Jawa Timur juga didirikan dan menghiasi Paviliun Jawa Timur. Setiap paviliun kabupaten/kota tidak hanya menampilkan karya-karya kreatif produk unggulan UKM Jawa Timur mulai dari garmen/batik, handycraft, furniture dan lain sebagainya, tetapi juga menampilkan foto bupati/walikota se Jawa Timur, berbagai foto potensi wisata daerah, serta menampilkan berbagai miniatur di antaranya Tugu Pahlawan, Jembatan Suramadu dan Peta Jawa Timur.
Dengan konsep inilah, Paviliun Jawa Timur juga ingin memadukan konsep sinergi dan integrasi antara promosi bisnis produk UKM dan promosi wisata dan budaya Jawa Timur, sehingga akan semakin memberikan pelayanan yang terbaik agar karya dan citra Jawa Timur dapat diterima secara utuh, baik bagi pengunjung dari dalam negeri dan luar negeri.
Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Moch. Hadiyanto, SH.SE.MM menambahkan, maksud dan tujuan dari dibangunnya Pavilium Jawa Timur ini, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur ingin mensinergikan dan mengintegrasikan upaya promosi dari tingkat kabupaten/kota, provinsi dan pusat sehingga ada keterkaitan atau networking antara gedung promosi di kabupaten/kota, dan 2 (dua) gedung promosi di provinsi (Gedung Pusat Souvenir dan Gedung Pamer Jawa Timur di Jl.Juanda Surabaya) serta dengan Gedung SMESCO UKM di Jakarta. Hal ini sangat potensial dalam mendongkrak tumbuh dan berkembangnya sektor riil UKM, karena upaya tersebut akan semakin memperluas akses dan pangsa pasar produk UKM Jawa Timur. "Kata kunci yang ingin kita wujudkan adalah dimanapun kita berada, ada tempat-tempat promosi yang bisa menolong dan menggerakkan sektor riil produk UKM," terang Hadiyanto.
Dijelaskan Hadiyanto, secara teknis manajemen pengelolaan paviliun dari seluruh provinsi ini berada di bawah tanggung jawab LLP (Lembaga Layanan Pemasaran) Kementerian Koperasi dan UKM RI dan kinerjanya akan dievaluasi dan dilaporkan kepada provinsi tentunya. Yang membanggakan, gedung SMESCO UKM Jakarta ini merupakan satu-satunya gedung yang menjadi Pusat Promosi UKM yang mempresentasikan seluruh produk-produk unggulan lengkap dari seluruh Indonesia. [adv]
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host